Kesadaran Bencana Mesti Ditanamkan di Masyarakat

Berdasarkan berbagai literatur diketahui bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan potensi bencana terbesar di dunia. Indonesia berada di wilayah Cincin Api yang rawan terjadi aktivitas pemicu pergeseran tanah.

Pemerintah dan kita musti berikhtiar sekeras mungkin agar dapat meminimalisir dampak yang mungkin timbul akibat bencana. Pengetahuan masyarakat menjadi penting di tengah keterbatasan infrastruktur kebencanaan yang dimiliki.

Pengetahuan yang memadai akan melahirkan kesadaran kritis terhadap potensi bencana yang dimiliki Indonesia. Kesadaran ini akan mendorong masyarakat untuk selalu melakukan tindakan paling rasional untuk menghindari ekses negatif bencana.

Kesadaran yang dipraktikkan terus-menerus akan membentuk kebiasaan dan mengakar menjadi budaya masyarakat seiring berjalannya waktu. Jika mitigasi kebencanaan sudah menjadi budaya, masyarakat akan merasa terkendali walau dihadapkan dengan potensi bencana sebesar apa pun.

Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas banyaknya korban akibat longsor di Sukabumi. Semoga mereka yang berpulang memperoleh kasih sayang Allah dan ampunan-Nya. Bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kekuatan dan kesabaran, dan bagi yang mengalami luka segera beroleh kesembuhan.***

Jokotri (Dr. H. Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA) adalah Caleg DPRD Jabar Dapil Karawang dan Purwakarta dari PDI Perjuangan nomor urut dua.
.
#jokotri2purwakarta #jokotri2karawang #fokusbahagiainkamu #longsorsukabumi #prayforsukbumi