Dari London, Terbetik untuk Promosikan Parawisata Daerah

Nostalgia sedikit. Beberapa tahun yang lalu, saya berangkat ke London, Inggris, untuk mengikuti seminar mengenai Water Leakage Management. Saat di London saya menyempatkan diri untuk mengunjungi menara Big Ben, yang menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Inggris.

Banyak orang yang menganggap tempat wisata di luar negeri itu indah. Itu benar. Tapi potensi pariwisata di Indonesia jauh lebih besar dan beragam. Sayangnya kurang diekspos oleh media di dunia internasional. Dan tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk bisa mengemas, memperkenalkan, dan melestarikan pariwisata Indonesia agar semakin dikenal di mata dunia.

Beberapa nama daerah mungkin sudah dikenal seperti Jakarta dan Bali. Namun, untuk Jabar (Jawa Barat) terutama Purwakarta dan Karawang belum dikenal begitu luas di dunia. Pada keduanya banyak tempat wisata dan cenderamata yang memukau serta unik. Mungkin ke depannya setiap orang di Tatar Sunda ini perlu di dorong untuk promosikan daerahnya yang terkait dengan wisata dan kuliner serta cenderamatanya.

Untuk promosi budaya dan produk lokal di Jawa Barat ini sekarang amat mudah. Bisa dilakukan perorangan dengan menggunakan teknologi internet. Pergi ke suatu tempat kemudian foto dengan bagus dan memilih sudut yang indah untuk difoto, lakukan kirim ke medsos seperti instagram, twitter, facebook, atau google. Pasti akan tersebar di dunia.

Tentu dalam hal ini perlu ada kemasan bahasa dan strategi. Untuk ini perlu dilatih dan berlatih. Namun, yang penting lakukan saja secara istiqamah oleh setiap orang-orang yang mencintai daerahnya. Untuk jalur kebijakan dibutuhkan wakil rakyat yang berkomitmen. Insya Allah, saya berkinginan  melejitkan potensi wisata dan kuliner daerah sampai mancanegara. ***

Dr H. JOKO TRIO SUROSO, Drs, SH, MH, MM, MBA. adalah Caleg DPRD JABAR Dapil Karawang dan Purwakarta dari PDI Perjuangan dengan nomor urut 2.

#jokotri2karawang #jokatri2purwakarta #jokotri #fokusbahagiainkamu