Jokotri: Prosentase Doa dan Ikhtiar dalam Hidup

Assalamu'alaikum. Pak Jokotri, saya ingin bertanya. Jika saya punya 100%, bagaimana cara membagi doa dengan ikhtiar jika di presentasekan. Apakah kita hidup itu harus 50%berdoa dan 50% ikhtiar, atau 60%berdoa dan 40%ikhtiar atau sebaliknya, atau bagaimana Pak? (A.M., Purwakarta)

Wa 'alaykumussalam wa Rahmatullahi wa Barakatuhu. Terima kasih pertanyaannya Pak Asep. Menurut saya agak sulit kita membuat prosentase semacam itu.

Sependek pengetahuan saya kita musti lakukan dua-duanya dalam momen-momen memang yang pas untuk itu. Berdoa misalnya, kapan saja kita berdoa, ya berdoalah. Berdoa juga ada waktu-waktu utamanya, saat shalat malam misalnya, doa setelah shalat, saat bulan suci ramadhan, saat bersedekah, dan lainnya. Ada tempat-tempat mustajab seperti saat di kota suci Mekah, Madinah atau tempat-tempat lain yang diberkahi. Berdoa juga bisa minta bantuan orang lain supaya kita didoakan, doa orang tua yang mustajab, doa para ulama yang saleh, dan seterusnya.

Ikhtiar, saya terjemahkan kita bekerja keras dan bekerja cerdas. Jangan mudah menyerah dan jangan malas, lakukan yang terbaik dibidang apa saja. Kesimpulannya adalah lakukan dua-duanya sesuai dengan kesempatan masing-masing. Semoga jawaban saya cukup membantu. Terima kasih.***

JOKOTRI (Dr Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA) adalah Caleg DPRD Jabar Dapil Karawang dan Purwakarta