Jokotri: Mulai dari Bisnis yang Kecil

Assalamu'alaikum Pak. Saya ingin bertanya, saya berumur 20 tahun, saya lulusan SMA jurusan IPS.  Saya belum bekerja, sedangkan jika berbisnis saya tidak ada modalnya dan masih bingung juga. Apa yang harus saya lakukan agar mempunyai penghasilan yang untung terus? Dan Ketika berdagang saya sering malu sama teman-teman saya yang kebanyakan bekerja di pabrik dan pemerintahan. Bagaimana caranya agar tidak malu dan bagaimana menyikapi jika ada teman yang menertawakan? (M.A., Purwakarta).

Wa alaykum salam wa Rahmatullahi wa Barakatuhu. 

Pak Asep, mohon maaf saya telat balasnya karena ada aktivitas. Sehingga menjawab saat ada waktu luang.

Saya agak sulit menjawab pertanyaan Pak Asep dengan chat yang terbatas. Tapi memang tantangan pertama kalau mau usaha adalah mengalahkan diri sendiri dulu, yaitu dari rasa gengsi dan malu.

Bisnis tidak ada yang langsung untung atau terus untung. Tapi kalau sudah berhasil, pengusaha akan memiliki penghasilan yang jauh lebih besar daripada pegawai pabrik atau pemerintahan. Tapi dibutuhkan tekad kuat, kerja keras, kemauan kuat, tidak mudah menyerah.

Tidak usah takut soal modal, mulai saja dari bisnis yang kecil.

Untuk tahu bagaimana bisnis bekali dahulu dengan pengetahuan dan keterampilan. Silakan cek ke dinas tenaga kerja, biasanya ada program-program pelatihan gratis dan Pak Asep bisa mulai dari sana. Selebihnya nanti kalau saya mengadakan pelatihan kewirausahaan bisa ikut juga gratis rencananya.

Semangat ya Pak Asep. Jangan mudah menyerah, hilangkan malu, dan gengsinya. Jangan lupa berdoa dan ibadah. Semoga berhasil.

Terima kasih.

Jokotri (Dr.H.Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA) adalah Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Purwakarta dan Karawang