Joko Trio Suroso, Utamakan Pendidikan dan Ekonomi

Dua hal yang sangat penting bagi kebutuhan manusia yang perlu dioptimalkan, kebutuhan tersebut adalah pendidikan dan ekonomi.Dua kebutuhan dasar itu tidak bisa lepas dari kehidupan manusia.

Saat ini tidak sedikit permasalahan timbul akibat dari lemahnya pendidikan dan ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat.Pendidikan yang belum merata menjadikan Indonesia tertinggal dari negara-negara lain.

Melihat kondisi seperti itu,Joko Trio Suroso Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil X Karawang - Purwakarta dari PDI Perjuangan, memandang sangat perlu meningkatkan pendidikan bagi masyarakat.Pria yang memiliki latar belakang pendidikan Komunikasi, Hukun, Manajemen dan Bisnis bertekad meningkatkan pendidikan bagi masyarakat.

"Kita kalah bersaing dengan negara tetangga apalagi dunia,karena pendidikan kita masih sedikit tertinggal dibandingkan dengan negara lain.Saya inginkan pendidikan, terutama di Purwakarta bisa lebih berkwalitas, sehingga melahirkan generasi yang mampu bersaing dan berkarakter," ujar Joko, kepada sejumlah awak media,Selasa (2/19/2018) di Purwakarta.

Terkait masalah ekonomi menurut Joko masih terjadi ketimpangan antara ekonomi atas dan bawah, kondisi tidak meratanya ekonomi juga dapat memicu terjadinya masalah di masyarakat.Untuk menjawab permasalah tersebut masyarakat perlu diberdayakan dengan menciptakan peluang usaha.

"Masyarakat bisa diberdayakan dengan menciptakan lapangan kerja,dunia usaha bisa diciptakan untuk mengurangi angka pengangguran.Di Purwakarta saya ingin fokus pada dua hal tersebut yaitu pendidikan dan ekonomi," katannya.

Menurut pria yang menyandang banyak prestrasi diberbagai bidang termasuk organisasi dan sosial menyebutkan, perlu diberikan pelatihan bagi masyarakat terutama kaum millenial agar mereka bisa mandiri.Mereka selepas sekolah memiliki keahlian bisnis yang bisa dikembangkan sehingga akan berpengaruh terhadap ekonomi.

"Kita latih generasi muda dengan keahlian yang bisa dikembangkan, misal keahlian Barista atau mengolah kopi, termasuk pengembangan usaha kuliner yang sukup  menjanjikan," Ungkap Joko.

Joko berharap apa yang sudah direncanakan bisa terwujud terutama didaerah pemilihan nya yaitu Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang,serta Jawa Barat pada umumnya.Peningkatan pendidikan dan ekonomi bagi warga menjadi yang paling utama untuk diperjuangkan.***

Sumber: RRI