Perkenalkan saya Joko Trio Suroso

Assalamu'alaykum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

Sampurasun... 

Perkenalkan saya Dr. Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA. Saya kelahiran Bandung tahun 1968. Biasa disapa Pak Jokotri atau Pak Joko.

Saya sudah berkeluarga dan menempuh pendidikan S1 bidang ilmu komunikasi di Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung dan menyelesaikan pendidikan S1, S2, S3 di bidang hukum di perguruan tinggi yang sama (UNPAD). Juga menempuh pendidikan Magister Manajemen dan Bisnis di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Akitivitas yang saya lakoni mulai dari dosen, pengusaha, konsultan, pengacara, membina sekolah dasar dan menengah di Bandung, dan turut serta dalam kegiatan sosial dan keagamaan di masyarakat.

Sehari-hari berprofesi sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Langlangbuana (UNLA) Bandung untuk jenjang pendidikan S1 dan dosen pendidikan S2 serta menjabat Asisten Direktur Pascasarjana di Universitas Langlangbuana (UNLA) Bandung.

Saya juga mengelola, memimpin, dan mengembangkan usaha empat kafe di Bandung dan sebagai konsultan hukum. Saya aktif sebagai pengacara (lawyer) dan trainer untuk pelatihan di bidang hukum, manajemen, kewirausahaan, dan marketing.

Program
Sebagai orang Jawa Barat, saya melihat kondisi masyarakat dalam kondisi yang kurang dalam pendidikan dan perlunya pemberdayaan ekonomi di masyarakat kecil, dan saya lihat banyak potensi di masyarakat Jawa Barat (terutama Karawang dan Purwakarta) perlu dimunculkan dengan dibantu agar melejit dan semakin sejahtera dari ekonomi. Banyak yang bisa dikembangkan di Purwakarta dan Karawang dari ekonomi, wisata, pemberdayaan dan wirausaha untuk pemuda, serta aktivitas keagamaan masyarakat.

Begitu pun bidang pendidikan adalah hal penting untuk dipermudah aksesnya bagi anak-anak kurang mampu. Tidak hanya dari biaya, fasilitas, tetapi juga motivasi dalam belajar dan yang terpenting memberikan support dalam bentuk pelatihan dan pengembangan dalam menejemen belajar atau hal-hal yang meningkatkan karier para guru dan pendidik. Saya kira guru adalah "motor" penggerak untuk menciptakan generasi masa depan. Sehingga kepada para guru dan orang yang terlibat dalam pendidikan perlu support dan apresiasi.

Oleh karena itu, saya tergerak untuk memajukan masyarakat melalui kebijakan-kebijakan pemerintah yang strategis dan pro masyarakat. Tidak diingkari bahwa perubahan bisa terwujud di level masyarakat, tetapi sifatnya lambat dan tidak mendasar karena terkait berbagai kepentingan untuk terlaksananya berbagai program yang dibutuhkan masyarakat.

Dan perubahan yang mendasar bisa cepat kalau dukungan aparatur pemerintah yang memihak masyarakat dan untuk lahirnya kebijakan harus melalui konstitusi atau perundang-undangan. Dalam hal ini, saya tergerak untuk masuk dan terlibat dalam menentukan kebijakan pemerintah yang mendukung sekaligus memudahkan masyarakat dalam aksesnya. Sehingga terwujud masyarakat sejahtera di Jawa Barat (terkhusus Karawang dan Purwakarta) dan untuk generasi mudanya bisa menerima pendidikan paripurna, yang layak dan mengarah pada masa depan yang lebih baik.

Karena itu, saya memberanikan diri untuk bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan (partai nomor 3) sebagai calon anggota legislatif untuk DPRD Jabar daerah pemilihan Karawang dan Purwakarta (dengan nomor urut 2). Sekadar untuk diingat: 3. PDI Perjuangan dengan urutan nama calon nomor 2. Dr. Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA.